JPNN.com

Penopang Ekonomi Nasional: Pertumbuhan Sektor Primer Stagnan, Sekunder Melambat

Minggu, 28 Juni 2020 – 07:09 WIB
Penopang Ekonomi Nasional: Pertumbuhan Sektor Primer Stagnan, Sekunder Melambat - JPNN.com
Webinar Prodeep Institute. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menilai pertumbuhan sektor penopang ekonomi nasional melambat.

Penyebabnya, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dalam triwulan terakhir.

Dalam data yang dipaparkan Febrio dalam acara webinar yang diadakan Prodeep Institute pada Sabtu (27/6), sektor primer di Indonesia mengalami stagnasi pertumbuhannya dibanding tahun sebelumnya.

Yakni hanya sebesar 0,18 persen (year-on-year) selama kuartal I-2020, dengan sektor pertanian hanya tumbuh 0,02 persen dari 1,82 persen dan pertambangan sebesar 0,43 persen dari 2,32 persen.

"Sektor pertanian stagnan, terutama disebabkan oleh cuaca ekstrem dan pergeseran musim panen, terutama ini untuk tanaman padi yang jadi andalan ya," katanya.

Kondisi ini seiring dengan pertumbuhan di sektor sekunder yang juga mengalami pelambatan sebesar 2,38 persen pada kuartal I-2020, dengan sektor manufaktur turun sebesar 2,06 persen dibandingkan tahun lalu sebesar 3,85 persen.

"Melambat artinya mengindikasikan melemahnya permintaan, akibatnya output produksi juga menurun, sehingga bisa memengaruhi sektor lain seperti perusahaan, kemudian pekerja juga terimbas," tandasnya. (dkk/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek