Pentas Ketoprak, Bang Adji Perankan Pangeran Purboyo

Pentas Ketoprak, Bang Adji Perankan Pangeran Purboyo
Pentas Ketoprak, Bang Adji Perankan Pangeran Purboyo
HENDARDJI Soepandji, calon gubernur DKI dari jalur independen menunjukkan kepeduliannya kepada seni dan budaya. Pria yang akrab disapa Bang Adji ini bakal turun langsung main ketoprak pada ‘Pentas Ketoprak Nusantara’. Acara tersebut digelar di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, pada Jumat (20/4) mulai pukul 19.00. Tak tanggung-tanggung, Bang Adji akan bermain sebagai pemeran utama. Pentas Ketoprak diramaikan sejumlah artis Ibu Kota. “Pada pagelaran ketoprak tanggal 20 April, saya menjadi peran utama, yakni menjadi Pangeran Purboyo yang membunuh Gubernur Batavia, Jan Pieterszoon Coen,” ujar Bang Adji di sela gladi bersih latihan Ketoprak di Taman Mini Indonesia Indah.

Lakon yang diperankan kata dia, belatar belakang kisah penyerangan Kerajaan Mataram ke Batavia pada tahun 1528-1529. Di mana pada penyerangan pertama, Mataram mengalami kegagalan disebabkan lumbung logistiknya yang berada di Bekasi dan Kerawang dibakar oleh penjajah Belanda. “Nah, pada penyerangan kedua inilah, Sultan Agung mengirim Pangeran Purboyo menyerang ke Batavia,” terang Bang Adji.

Terkait pentas tersebut, dia mengajak dan mengundang para awak media dan masyarakat untuk hadir dalam pementasannya. “Saya punya keinginan agar Jakarta bisa mencontoh Kota Madrid di Spanyol yang bisa menghidupkan pariwisata dari seni dan budaya,” ujar  bang Adji. Menurut dia, Madrid adalah kota di Eropa yang mampu menyedot pemasukan tinggi dari pariwisata, seni dan budaya. “Kalau Jakarta mampu meningkatkan pendapatan dari pariwisata, maka APBD DKI tidak harus tergantung pada pajak kendaraan saja,” ungkapnya.

Pariwisata di Jakarta memiliki potensi besar meraup pendapatan. Sayangnya, tidak diberdayakan secara optimal. Seperti wisata Kota Tua yang tidak berkembang karena gedung tua yang rusak dan tidak terawat.

HENDARDJI Soepandji, calon gubernur DKI dari jalur independen menunjukkan kepeduliannya kepada seni dan budaya. Pria yang akrab disapa Bang Adji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News