Penting, Edukasi Mengenai Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi

Penting, Edukasi Mengenai Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi
Edukasi Food Safety kepada siswa-siswa SD Kampung Sawah 02, Ciputat Baru, Tangsel, Rabu (11/4). Foto: istimewa

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Konsumen di Indonesia diimbau untuk membiasakan diri dalam mengenal dan memahami jenis, kegunaan serta kandungan suatu produk. Terutama produk-produk impor.

Melihat hal tersebut, GarudaFood secara konsisten memberikan edukasi tentang kunci dan syarat pangan yang aman kepada konsumen sedini mungkin. Salah satunya pemberian edukasi Keamanan Pangan (Food Safety) kepada siswa-siswi SD Kampung Sawah 02, Ciputat Baru, Tangerang Selatan, Rabu (11/4).

Dian Astriana, Corporate Communication Head GarudaFood menjelaskan, edukasi ini sejalan dengan program Corporate Social Responsibilities (CSR) GarudaFood Sehati yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan menambah pengetahuan konsumen dalam mengenal jenis pangan yang aman untuk dikonsumsi.

Yakni memenuhi syarat; bebas dari cemaran fisik, kimia maupun biologi serta menginformasikan komitmen GarudaFood dalam menghasilkan produk yang telah memenuhi Sistem Manajemen Keamanan Pangan (ISO 22000) dan Hygiene Sanitary Certificate atau CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik) dari BPOM Republik Indonesia.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi generasi muda Indonesia, bahwa memilih pangan yang aman merupakan hal penting dilakukan," ujar Dian Astriana.

Pada kesempatan sama, GarudaFood Sehati juga memberikan tips mengenai keamanan pangan yang terbagi atas empat hal yakni Kenali Pangan yang Aman, Beli Pangan yang Aman, Baca Label dengan Seksama salah satunya Nomor Ijin Edar seperti Makanan Dalam/MD, Makanan Luar/ML dan Pangan Industri Rumah Tangga/PIRT serta Jaga Kebersihan. Cermat dan teliti dalam memilih pangan yang aman merupakan kunci menjadi konsumen cerdas.

Dia mengatakan, edukasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan konsumen agar mampu memastikan keamanan pangan yang dikonsumsi melalui pembiasaan menjaga kebersihan diri, cermat dalam memilih jajanan dan membaca label kemasan produk sebelum membeli.

Semua informasi yang ada di label kemasan khususnya di seluruh produk GarudaFood merupakan bentuk keterbukaan dan upaya kami dalam melindungi konsumen loyal GarudaFood.

Mengenal dan memahami jenis makanan yang aman sangat penting sebagai upaya melindungi konsumen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News