Penularan Penyakit Melalui Hewan Melonjak

Penularan Penyakit Melalui Hewan Melonjak
Penularan Penyakit Melalui Hewan Melonjak
NAIROBI--Penularan penyakit melalui binatang ke manusia cenderung meningkat dewasa ini. Diperkirakan, hampir 1,5 miliar orang terkena penyakit yang ditularkan oleh binatang dan lebih dari dua juta orang diantaranya meninggal dunia.

Penyakit-penyakit yang dikategorikan sebagai zoonoses tersebut kebanyakan menyerang penduduk di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Dan lebih dari 60 persen penyakit pada manusia ternyata ditularkan dari binatang bertulang belakang.

“Zoonoses adalah penyakit-penyakit yang ditularkan antara hewan dan manusia. Sejumlah besar penyakit pada manusia sebetulnya adalah zoonotic, atau terkait dengan binatang,” ujar Delia Grace, epidemiolog hewan dan ahli keamanan pangan dari International Livestock Research Institute Nairobi, Kenya, seperti yang dilansir VOA.

Beberapa penyakit ini cukup umum, baik yang ditularkan lewat makanan maupun juga penyakit-penyakit seperti tuberculosis dan leptospirosis. Sedangkan yang lainnya cukup langka, sehingga tergantung dari penyakitnya.

NAIROBI--Penularan penyakit melalui binatang ke manusia cenderung meningkat dewasa ini. Diperkirakan, hampir 1,5 miliar orang terkena penyakit yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News