Penumpang AirAsia QZ8501 Diprediksi Bertahan Seminggu, Asal...

Penumpang AirAsia QZ8501 Diprediksi Bertahan Seminggu, Asal...
Penumpang AirAsia QZ8501 Diprediksi Bertahan Seminggu, Asal... Foto: ilustrasi

jpnn.com - PALANGKA RAYA – Harapan besar segera ditemukannya pesawat AirAsia QZ8501 sedang diupayakan oleh seluruh pihak. Sehingga, berbagai informasi sekecil apa pun tetap ditindaklanjuti. Termasuk di wilayah perairan Pulau Kalimantan.

Tak kalah besarnya pula adalah harapan terhadap nasib para penumpang. Berbagai doa pun dipanjatkan agar mereka dapat selamat setelah pesawat rute penerbangan Surabaya-Singapura itu ditemukan.

Harapan masih dapat bertahannya para penumpang itu bukan tanpa alasan. Lebih-lebih apabila pesawat tersebut ternyata tidak jatuh ke laut, melainkan melakukan pendaratan darurat di daratan.

Kapten Edward Teras Mahar menyebutkan, kondisi penumpang akan lebih baik jika pesawat mendarat darurat di darat, meskipun tempat tersebut terisolasi.

Karena, ujar dia, kondisi iklim tropis di Asia Tenggara akan sangat membantu penumpang yang selamat untuk bertahan hidup.

“Penumpang bisa bertahan lebih dari 1 minggu karena cuaca tropis tidak begitu ekstrem. Tetapi kondisi ini akan lain bila pesawat mendarat atau jatuh ke laut, karena kondisi laut kita tidak bisa diprediksi,” terang alumnus Akademi Penerbang Sierra Academy of Aeronautics Oakland, California USA dilansir Kalteng Pos (Grup JPNN.com), Selasa (30/12).

Menanggapi pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak saat terbang dari Bandara Juanda Surabaya menuju Singapura, Kapten Edward menyebutkan hingga kini belum bisa dipastikan, walaupun sudah ada data-data awal yang ada yang banyak beredar.

“Kita belum bisa memastikan dan memprediksi dengan pasti hanya dengan data-data awal, segala kemungkinan itu bisa saja terjadi. Termasuk lokasi jatuhnya pesawat juga belum bisa dipastikan, bisa jadi jatuh di laut, tetapi bisa juga mendarat darurat,” terang penerbang aktif yang telah mengantongi 10.000 jam terbang ini.

PALANGKA RAYA – Harapan besar segera ditemukannya pesawat AirAsia QZ8501 sedang diupayakan oleh seluruh pihak. Sehingga, berbagai informasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News