Penyebab Kematian Secara Tiba-tiba

Penyebab Kematian Secara Tiba-tiba
Penyakit jantung. Getty Images

SURABAYA - Meninggalnya pemain asing asal Pelita Bandung Raya Sekou Camara menambah deret panjang pada daftar pemain sepak bola yang meninggal secara tiba-tiba di atas lapangan hijau. Salah satu penyebab seseorang meninggal secara mendadak tanpa ada keluhan apapun adalah kemungkinan akibat serangan jantung koroner.

    

Menurut Prof DR Dr Rochmad Romdoni SpPD SpJP(K), jantung koroner atau Coronary artery disease merupakan penyakit mematikan ketiga. Seseorang yang mengalami serangan jantung koroner hanya bisa merasakan keluhannya saat serangan itu tiba-tiba muncul. Tanda-tanda yang dirasakan biasanya sesak dan sakit di dada. Sakit yang dirasakan itu merupakan puncak dari penyakit jantung koroner.

    

"Penyakit ini biasanya tidak terdeteksi, terjadinya juga tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda sebelumnya, seseorang yang mendapat serangan jantung bisa langsung meninggal," ujarnya.

    

Seseorang yang berpotensi terserang jantung koroner karena memiliki risk factors. Diantaranya yaitu hipertensi (tekanan darah tinggi), Diabetes (kencing manis), Kolesterol tinggi, Obesitas, Perokok dan Genetik. Serangan ini terjadi karena ada penyumbatan pembuluh darah pada jantung yang mengakibatkan aliran darah di dalam jantung tidak lancar dan pasokan darah yang dipompa pun berkurang.

    

SURABAYA - Meninggalnya pemain asing asal Pelita Bandung Raya Sekou Camara menambah deret panjang pada daftar pemain sepak bola yang meninggal secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News