Penyesalan Panggung

Oleh: Dahlan Iskan

Penyesalan Panggung
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - PENYESALAN pun seperti tak kan pernah terbayar. Lihatlah pemberitaan di media di luar negeri.

"Lebih 100 orang dibunuh polisi" bunyi spanduk berbahasa Inggris di stadion sepak bola di Jerman. Fotonya tersebar di berbagai media. Sangat menyakitkan polisi kita.

The New York Time, koran paling bergengsi di dunia, juga begitu menyudutkan polisi Indonesia.

Baca Juga:

Pun sampai anggaran pembelian gas air mata diungkap di situ. Padahal mungkin saja yang menembakkan gas air mata itu tidak sadar bahwa itu melanggar aturan sepak bola. Yang menendang dan memukul suporter itu mungkin tidak tahu bahwa menangani aksi massa di sepak bola berbeda dengan menangani demo anarkistis.

Suporter sepak bola mungkin memang banyak yang nakal. Tetapi kenakalan harus dibedakan dengan kejahatan. Saya mengategorikannya nakal. Bukan jahat.

Kini Aremania-Aremanita bersatu solid. Pun suporter dari berbagai klub sepak bola. Korban begitu besar: 131 orang meninggal. Bergelimpangan.

"Kita kawal penyelidikan tragedi ini," ujar Sam Antok Baret. "Jangan sampai ada rekayasa," katanya.

Antok Rabu lalu didaulat untuk orasi di depan Aremania. Ia tinggal di Jakarta. Akan tetapi diminta pulang oleh Aremania. Untuk ikut mengawal penyelidikan tragedi Kanjuruhan itu.

The New York Time, koran paling bergengsi di dunia, juga begitu menyudutkan polisi Indonesia. Anggaran pembelian gas air mata diungkap di situ.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News