Peran Pemuda Membangun Desa Perlu Dibukukan

Peran Pemuda Membangun Desa Perlu Dibukukan
Peran Pemuda Membangun Desa Perlu Dibukukan
YOGYAKARTA – Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Gunawan Sumodiningrat mengatakan belum banyak literatur yang membahas kiprah pemuda Indonesia dalam membangun desanya. Padahal, banyak anak muda di pelosok nusantara yang memiliki  kepedulian tinggi terhadap lingkungannya.

Karenanya, Gunawaan berharap agar pemuda yang memiliki kontribusi positif dalam membangun desanya perlu dibukukan sehingga bisa menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya. “Tidak banyak buku yang ditulis anak-anak muda tentang  tentang bagaimana peran pemuda desa dalam mengatasi masalah kesejahteraan sosial, padahal potensinya ada,” kata Gunawan dalam bedah buku “Jati Diri Karang Taruna Membangun Bangsa” di Gedung Wanabakti Wanita Tama, Yogyakarta, Minggu (18/12)

Turut pula dalam bedah buku ini, Kasubdit Karang Taruna Kementerian Sosial, Afrizon Tanjung, Ketua Karang Taruna Daerah Istimewa Yogyakarta, GKR Pembayun dan Sosiolog Faraz Umaya.

Menurut Gunawan, Karang Taruna sebagai organisasi sosial yang berkiprah nyata di desa, mesti mulai membudayakan menulis buku soal perjuangan mereka dalam mengatasi persoalan sosial di desa.  “Supaya perjuangan itu bisa menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya,” imbuhnya.

YOGYAKARTA – Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Gunawan Sumodiningrat mengatakan belum banyak literatur yang membahas kiprah pemuda Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News