Perancis Kirim 400 Pasukan Tambahan ke Afrika Tengah

Perancis Kirim 400 Pasukan Tambahan ke Afrika Tengah
Perancis Kirim 400 Pasukan Tambahan ke Afrika Tengah

jpnn.com - PARIS--Pemerintah Perancis bakal mengirimkan pasukan tambahan ke Republik Afrika Tengah untuk mengatasi konflik sektarian yang tengah terjadi di negeri tersebut.

Tambahan sebanyak 400 personel ini akan melengkapi 1.600 prajurit yang sebelumnya telah berada di Afrika Tengah.

Presiden Francois Hollande juga menyerukan kepada Uni Eropa  agar mempercepat penugasan 500 tentara yang dijanjikan ke Republik Afrika Tengah, negara yang tengah mengalami konflik agama yang memprihatinkan.

"Kami menyeru komunitas internasional untuk bersama-sama menghentikan konflik di Afrika Tengah," ujar Hollande, seperti dilansir Straittimes, Sabtu (15/2).

Sebelumnya, organisasi-organisasi  HAM memperingatkan adanya pembersihan etnik di Republik Afrika Tengah di tengah-tengah laporan bahwa milisi yang disebut anti-Balaka telah membunuhi warga Muslim dan menggusur mereka dari rumah serta kampung mereka.

Hari Jumat kemarin, ribuan Muslim berusaha melarikan diri dari Bangui dalam  konvoi panjang, tetapi dikembalikan oleh pasukan penjaga perdamaian yang khawatir mereka akan diserang saat melewati di bagian-bagian yang rawan di ibu kota, Bangui.

Berbicara di New York, Jumat (14/2), Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan, struktur masyarakat di Republik Afrika Tengah terkoyak-koyak. Ia menambahkan masyarakat internasional harus bertindak tegas, untuk mencegah  situasi terburuk.

Dengan kedatangan pasukan baru, jumlah tentara Perancis di Republik  Afrika Tengah menjadi 2.000 personil. Tentara Perancis bertugas bersama kurang lebih  5.000 tentara Afrika untuk membendung tindak kekerasan di ibu kota, Bangui. (esy/jpnn)


PARIS--Pemerintah Perancis bakal mengirimkan pasukan tambahan ke Republik Afrika Tengah untuk mengatasi konflik sektarian yang tengah terjadi di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News