Perbanyak Jurusan Indonesia di Universitas Luar Negeri

Perbanyak Jurusan Indonesia di Universitas Luar Negeri
Perbanyak Jurusan Indonesia di Universitas Luar Negeri
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) berencana segera membuka kelas jurusan Indonesia di beberapa universitas di luar negeri. Tujuan program tersebut untuk memancing warga negara lain untuk lebih mengenal dan tertarik dengan hal-hal lainnya tentang Indonesia. Sehingga, mereka pun tertarik untuk berkunjung sebagai turis.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemdiknas, Ananto Kusuma Seta mengatakan, untuk saat ini kelas jurusan Indonesia ada baru di Universitas Ohio, Amerika Serikat. "Nanti ke depannya, akan dibuka di beberapa universitas ternama lainnya di luar negeri," ujar Ananto di Jakarta, Minggu (25/9).

Ananto menjelaskan, rencana pembukaan jurusan Indonesia di universitas di luar negeri itu merupakan tindak lanjut atas permintaan beberapa negara yang menginginkan adanya jurusan Indonesia. "Selama ini, beberapa jurusan Indonesia yang sudah dibuka, banyak sekali peminatnya. Bahkan para mahasiswa di sana senang mempelajari budaya Indonesia. Salah satunya mempelajari alat musik gamelan," tukasnya.

Lebih lanjut Ananto menambahkan, pembukaan kelas jurusan Indonesia tersebut akan dimulai tahun 2012 mendatang. Untuk itu, Kemdiknas akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Kementerian Pendidikan di negara setempat.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) berencana segera membuka kelas jurusan Indonesia di beberapa universitas di luar negeri. Tujuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News