JPNN.com

Perbatasan Antar Negara Bagian Australia Mempersulit Warga

Selasa, 11 Agustus 2020 – 05:05 WIB
Perbatasan Antar Negara Bagian Australia Mempersulit Warga - JPNN.com
Masing-masing negara bagian di Australia sekarang menerapkan aturan siapa saja yang diperbolehkan masuk ke wilayah mereka, dengan melakukan pemeriksaan di perbatasan. (ABC News: Brendan Esposito)

Di tengah pandemi COVID-19, warga Australia saat ini tidak saja mengalami kesulitan untuk kembali dari luar negeri, namun juga perjalanan antar negara bagian juga karena aturan yang kadang dianggap membingungkan.

  • Hampir 100 warga ACT tertahan di perbatasan karena tidak boleh melintasi NSW dari negara bagian Victoria
  • Melbourne dan kawasan lain di Victoria saat ini memiliki kasus COVID-19 terbesar di Australia
  • Diperlukan waktu tiga minggu bagi sebuah keluarga untuk pindah dari Victoria ke Australia Barat lewat darat

 

Beberapa warga yang harus bepergian karena urusan pekerjaan, merasa seperti "ada negara di dalam negara" dengan masing-masing negara bagian tidak memiliki koordinasi sehingga mempersulit pergerakan.

Saat ini sekitar 100 warga asal Canberra yang "terdampar" di perbatasan antara negara bagian Victoria dengan New South Wales, sejak Jumat kemarin (6/08), karena adanya aturan mereka tidak bisa memasuki wilayah NSW.

Masalah yang mereka hadapi adalah negara bagian ACT termasuk ibukota Canberra dikelilingi oleh wilayah NSW.

Perubahan peraturan mendadak tersebut membuat mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan dan beberapa diantara mereka terpaksa tidur di mobil mereka.

Menteri Utama ACT, Premier Andrew Barr mengatakan dia sedang berusaha mencari solusi dan menawarkan agar mobil warga tersebut dikawal oleh polisi ketika memasuki wilayah NSW.

Namun usulan tersebut belum disetujui oleh pemerintah NSW.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
1