Percepat Penanganan Karhutla, Pj Gubernur Agus Fatoni Pastikan Siap Alokasikan Anggaran

Percepat Penanganan Karhutla, Pj Gubernur Agus Fatoni Pastikan Siap Alokasikan Anggaran
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pengendalian Karhutla di Auditorium Graha Bina Praja, Kamis (5/10). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memastikan siap mengalokasikan anggaran untuk mendukung percepatan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepastian itu disampaikan Pj Gubernur Agus Fatoni usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pengendalian Karhutla di Auditorium Graha Bina Praja, Kamis (5/10).

Rakor tersebut membahas sejumlah langkah yang akan dilakukan dalam penanganan karhutla, termasuk menginventarisir semua kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla.

Masing-masing Satgas, baik dari TNI, Polri maupun stakeholder lainnya telah memaparkan sejumlah hal yang sudah dilakukan, termasuk langkah-langkah ke depannya.

"Terkait penanganan agar tidak terjadi lagi Karhutla, ada banyak sekali yang harus dilakukan. Pertama, sosialisasi. Kedua, penegakan hukum, pemadaman api, dan macam-macam, termasuk kami siapkan alokasi anggaran," ujar Fatoni.

Terkait metode penanganan Karhutla, pihaknya tetap menggunakan cara atau langkah yang telah dilakukan selama ini.

Namun, Fatoni menegaskan akan melakukan penambahan sejumlah teknologi.

"Penambahan teknologi modifikasi cuaca (TMC) juga diusulkan, termasuk water bombing. Kemudian kami juga akan melakukan penggeseran anggaran di Pemda," terangnya.

Pj Gubernur Agus Fatoni memastikan siap mengalokasikan anggaran untuk mendukung percepatan penanganan karhutla di Sumsel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News