Perdagangan PEA-Indonesia Tembus USD 2 Miliar

Perdagangan PEA-Indonesia Tembus USD 2 Miliar
Perdagangan PEA-Indonesia Tembus USD 2 Miliar
JAKARTA - Hasil dari kunjungan bilateral pemerintah Indonesia dan beberapa pejabat tinggi lainnya ke kawasan Timur Tengah,  adalah Indonesia sepakat untuk terus menjalin kerjasama, khususnya dalam hal perdagangan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab atau Persatuan Emirat Arab (PEA).

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu yang didaulat untuk memimpin delegasi Indonesia, menerangkan bahwa perdagangan PEA-Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat selama lima tahun terakhir. Tepatnya yaitu meningkat sekitar 49,39 persen, atau mencapai USD 2 miliar, yang terhitung mulai bulan Januari sampai November 2008.

Disebutkan Mari Elka pula, nilai ekspor non-migas Indonesia ke PEA selama periode tersebut juga turut menunjukkan peningkatan, dengan trend sebesar 24,89 persen per tahun, yaitu dari USD 759,8 juta pada 2003 menjadi USD 1,3 miliar pada tahun 2007. Mendag pun mengatakan, bahwa ekspor utama Indonesia ke PEA antara lain adalah kain tenun dari serat buatan, plywood, tripleks, alat penerima gambar, pakaian lelaki dan anak lelaki bukan rajutan, perabotan, pakaian wanita bukan rajutan, serta barang-barang lainnya.

"Dalam hal impor, selama periode tersebut nilai impor Indonesia dari PEA cenderung meningkat, dengan trend 11,14 persen per tahun," jelasnya.

JAKARTA - Hasil dari kunjungan bilateral pemerintah Indonesia dan beberapa pejabat tinggi lainnya ke kawasan Timur Tengah,  adalah Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News