Perdana, Jokowi Pimpin Upacara Kehormatan di Taman Makam Pahlawan

Perdana, Jokowi Pimpin Upacara Kehormatan di Taman Makam Pahlawan
Lampu-lampu kecil, menerangi makam para pahlawan di Kalibata saat apel kehormatan dan renungan suci. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Suasana khusyuk mewarnai upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (16/8) malam.

Kegiatan tahunan tersebut, kali ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Wapres Jusuf Kalla dan istri, Mufidah. Ya, ini pertama kalinya, mantan Wali Kota Solo itu memimpin upacara sebagai kepala negara di rangkaian HUT ke-70 RI.

Dengan kehadiran presiden yang akrab disapa Jokowi ini, keamanan kawasan di sekitar Kalibata diperketat. Tak sembarang orang bisa melewatinya. Ratusan personel polisi dan TNI membuat pagar betis di sisi jalan sepanjang TMP Kalibata. 

Polisi lalu lintas mengarahkan kendaraan masyarakat untuk mengambil rute jalan lain. Namun, sebagian diperbolehkan lewat selama tidak mengganggu ketenangan upacara tersebut.

Jokowi memimpin upacara ini hanya dengan ditemani sebuah obor kecil di depan monumen TMP Kalibata. Tidak ada sinar lampu lainnya. 

‎Jajaran Kabinet Kerja ikut mendampingi presiden dalam upacara tersebut. Tampak ‎pejabat dan masyarakat undangan pun berbaur jadi satu dalam upacara ini karena tidak ada pengaturan khusus, kecuali untuk anggota TNI Polri yang berbaris di bagian depan. (flo/jpnn)


JAKARTA - Suasana khusyuk mewarnai upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (16/8) malam. Kegiatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News