Perempuan Paling Mudah Diserang Migren

Perempuan Paling Mudah Diserang Migren
Perempuan Paling Mudah Diserang Migren
PERNAHKAH Anda terserang sakit kepala yang luar biasa pada satu sisi saja? Kemungkinan besar, Migren menghampiri Anda. Menurut WHI Headache Center, sakit migren terbagi dua, yaitu migren umum yang hampir terdapat dalam 85 persen kasus dan migren klasik yang berpotensi sebesar 15 persen.

Disebutkan, migren umum biasanya sakit kepala sebelah tanpa disertai gejala lain. Sedangkan migren kalsik yang biasanya didahului keluhan gangguan penglihatan di salah satu mata. Gangguan ini berupa aura, yakni terlihatnya titik-titik atau garis bergelombang mengambang, bisa juga berupa kilatan atau gelombang cahaya. Gangguan ini bisa berlangsung 5 – 60 menit sebelum migren muncul.

Menurut para ahli, salah satu penyebab terjadinya migren adalah akibat menurunnya kadar serotonin (zat kimia pembawa pesan dalam otak). Perubahan kimiawi di otak membuat pembuluh darah di otak mengalami pelebaran yang umumnya terjadi di kepala bagian kiri, karenanya migren disebut dengan nyeri vaskular.

Migren biasanya menyerang di pagi hari, di saat seseorang sibuk beraktivitas, atau pada malam hari saat tubuh tengah beristirahat. Tak heran, serangan migren membuat seseorang lebih emosional atau sensitif.

PERNAHKAH Anda terserang sakit kepala yang luar biasa pada satu sisi saja? Kemungkinan besar, Migren menghampiri Anda. Menurut WHI Headache Center,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News