Pererat Kerja Sama, Menko Puan Pimpin Delegasi Indonesia ke Tiongkok

Pererat Kerja Sama, Menko Puan Pimpin Delegasi Indonesia ke Tiongkok
Menko PMK Puan Maharani. FOto: dok jpnn

jpnn.com - GUINGYANG-Hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Tiongkok di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, dan sosial budaya telah berkembang semakin pesat dalam beberapa waktu terakhir. Hubungan itu ditandai dengan meningkatnya pertemuan antara pemimpin kedua negara. Bahkan, sejak menjabat pada 2014 lalu, Presiden Joko Widodo terhitung sudah empat kali bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping.

Rentang waktu enam tahun terakhir, hubungan kerja sama Indonesia-Tiongkok telah menghasilkan setidaknya 60 kesepakatan, 20 di antaranya merupakan kesepakatan kerja sama hubungan  kedua negara (people to people exchange).

Setelah pada pertemuan pertama High Level People to People Exchange Mechanism di Jakarta pada Mei 2015 lalu berjalan dengan sukses dan telah menghasilkan sejumlah kerja sama konkret kedua negara, pada awal Agustus 2016 ini pertemuan serupa untuk kedua kalinya digelar di Guiyang, Tiongkok.

Seperti pada pertemuan yang pertama, Menko PMK Puan Maharani akan memimpin Delegasi RI yang terdiri atas Menristekdikti, Dubes RI untuk RRT, para deputi kementerian, dan jajaran eselon I kementerian/lembaga negara. ”Kita percaya bahwa pertemuan telah mencapai hasil yang signifikan bagi pengembangan dan peningkatan kerja sama kedua negara. Kerja sama ini diharapkan dapat membangun suatu dunia yang sehat dan aman, suatu dunia yang setiap orang dapat hidup dalam suasana damai, suatu dunia yang terdapat keadilan dan kemakmuran untuk setiap orang, dan suatu dunia dengan nilai kemanusiaan mencapai kejayaannya yang penuh.” ujar Menko PMK dalam pembukaan pertemuan.

Puan juga memaparkan sejumlah potensi kerja sama yang dapat dijalin antara Indonesia dengan Tiongkok terkait tugas pokok dan fungsinya selaku Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Potensi kerja sama itu antara lain pada bidang pendidikan, industri kreatif (media), kesehatan, pariwisata, kepemudaan, dan olahraga. ”Saya yakin bahwa bidang-bidang kerja sama tersebut akan memberikan manfaat bagi kedua negara,” paparnya.

Kerja sama dalam bidang ristek dikti, Menko PMK berharap Pemerintah Tiongkok dapat bekerja sama meningkatkan kapasitas riset dan teknologi melalui investasi, alih teknologi, pelatihan dan pengembangan produk bersama. Selain itu, Menko PMK juga mengharapkan pemberian beasiswa Pemerintah Tiongkok kepada mahasiswa Indonesia dapat terus meningkat, terutama untuk jenjang pendidikan tinggi dan pendidikan vokasional berbagai jurusan.

Untuk kerja sama bidang kebudayaan, Menko PMK berharap jalinan kerja sama itu dapat memperkuat promosi budaya hingga meningkatkan pemahaman budaya kedua negara. Menko PMK sangat setuju akan inisiasi kesepakatan ‘Pernyataan Kehendak’ Indonesia - Tiongkok mengenai pendirian Pusat Budaya Timbal Balik yang ditandatanganinya pada pertemuan tingkat tinggi ini.

Di samping kerja sama kebudayaan, Puan juga mengajak Tiongkok untuk kerja sama sektor wisata dengan mendorong target 10 juta wisatawan dua arah sebagaimana konsesus kedua Presiden. Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan aturan bebas visa bagi wisatawan asal Tiongkok.

GUINGYANG-Hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Tiongkok di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, dan sosial budaya telah berkembang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News