Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Penting Hadir dengan Konsep Siber

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Penting Hadir dengan Konsep Siber
Tangkapan layar- Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Prof M. Ali Ramdhani. Foto: Ist for JPNN.com.

jpnn.com, CIREBON - Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Prof M. Ali Ramdhani menilai perguruan tinggi keagamaan Islam penting hadir dengan konsep siber.

Dengan demikian, pengajaran yang diberikan tidak lagi berbatas tempat dan waktu bagi masyarakat yang ingin terus menuntut ilmu.

Prof Ali mencontohkan langkah yang diambil IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bertransformasi menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI).

Dalam proses transformasi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon meluncurkan program pembelajaran jarak jauh (PJJ), program studi pendidikan agama Islam (PSPAI).

"Dunia dewasa ini dalam konteks kontemporer, banyak yang menggambarkan sebagai sebuah big billage, atau kampung besar, di mana sekat-sekat ruang dan waktu dimediasi oleh teknologi yang kemudian menjadikan sekat menjadi tidak ada lagi," ujar Prof Ali dalam keterangannya, Rabu (15/12).

Pandangan senada sebelumnya juga dikemukakan Prof Ali saat mendampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan PJJ PSPAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (14/12).

"Kami memahami ruang ini (digital) menjadi tempat bersemayamnya berbagai aneka ragam gagasan, maka perlu hadir memberikan warna sekaligus memberikan ruang secara formal bagi anak bangsa untuk meningkatkan kualifikasi kompetensi yang tentu saja bermuara pada kesejahteraan," katanya.

Guru Besar UIN Sunan Gunung Jati ini lebih lanjut mengatakan kehadirian UISSI nantinya akan mengubah pola pendidikan Islam yang tidak melulu melalui ruang formal.

Perguruan tinggi keagamaan Islam sangat penting hadir dengan konsep siber di tengah era globalilasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News