Peringatan Maulid Nabi, Menko Muhadjir: Tak Sekadar Perayaan

Peringatan Maulid Nabi, Menko Muhadjir: Tak Sekadar Perayaan
Menko PMK Muhadjir bersama Menparekraf dan pengisi acara Gebyar Syiar Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan kepada umat Islam bahwa Maulid Nabi merupakan momen yang penuh makna.

"Tak hanya sekadar perayaan atau tradisi. Ini adalah saat kita memahami dan merenungkan ajaran-ajaran luar biasa yang diberikan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada umat manusia. Ajaran-ajaran ini tidak hanya relevan pada zamannya, tetapi juga tetap relevan dan penting bagi kita saat ini, dalam semua aspek kehidupan kita," kata Muhadjir.

Hal itu diungkapkan saat memberikan arahan dan syiar pada acara Tablig Akbar Gebyar Syiar Maulid Nabi Muhammad SAW, di Masjid Istiqlal Jakarta pagi ini (Kamis, 28/9).

Dia melanjutkan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang merupakan salah satu hari penting yang diperingati setiap tahun.

Mengakar menjadi tradisi dengan bentuk perayaannya masing-masing. Oleh karena itu, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus diisi dengan bersungguh-sungguh meneladani beliau.

Muhadjir menegaskan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah pembimbing yang menunjukkan kepada kita jalan menuju kebaikan, kedamaian, dan kebahagiaan sejati. Rosul adalah contoh teladan yang patut diikuti dalam berbagai aspek kehidupan kita, mulai dari akhlak yang mulia, hingga cara berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan sekitar kita.

"Kita harus meneladani sikap lemah lembut dan penuh toleransi Baginda Nabi, sehingga selalu mengutamakan persatuan. Oleh sebab itu, kita harus menyudahi perdebatan hukum pelaksanaan maulid nabi," ujar Muhadjir.

Eks Mendikbud itu pun mengajak semua umat Islam merefleksikan kehidupan, ajaran, dan teladan yang ditinggalkan oleh Rasulullah SAW.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan kepada umat Islam bahwa Maulid Nabi merupakan momen penting bagi penuh makna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News