Peringatan Tegas Jubir Anies untuk Prabowo: Jangan Nodai Perjuangan Warga Rempang!

Peringatan Tegas Jubir Anies untuk Prabowo: Jangan Nodai Perjuangan Warga Rempang!
Juru bicara Anies Baswedan, Surya Tjandra. Foto: Antarafoto/Akbar Nugroho Gumay

jpnn.com, JAKARTA - Pihak Anies Baswedan memperingatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto agar tidak menyebar isu yang belum jelas kebenarannya terkait konflik di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau.

Jika ketua umum Gerindra itu memang memiliki bukti soal campur tangan asing, maka seharusnya dibuka dengan gamblang kepada publik. 

“Sebaiknya Pak Prabowo tidak menyebarkan gosip yang tidak perlu dan belum jelas kebenarannya. Kalau memang gagal menjaga situasi, sebaiknya evaluasi ke dalam dulu bukan terburu-buru menyalahkan asing. Kalau memang ada bukti sebaiknya dibuka saja sekalian agar jelas semuanya,” kata jubir Anies, Surya Tjandra dalam keterangannya, Jumat (3/11).

Surya menegaskan, titik berat penyelesaian konflik lahan di Rempang seharusnya lebih kepada kepedulian pemerintah terhadap masa depan warga yang tergusur.

Solusi dengan memperhatitkan keadilan bagi masyarakat Rempang, sambungnya, seharusnya lebih dikedepankan.

“Kami juga berharap Pak Prabowo jangan menodai perjuangan warga untuk hidupnya di masa depan setelah harus tergusur. Masalah Kampung Tua di Kepulauan Riau ini sudah lama kami dengar sejak masih bertugas sebagai Wakil Menteri ATR/BPN, kami mengerti keprihatinan warga hanya tampaknya belum sempat diselesaikan dengan adil,” ujarnya.

Bagi aktivis dan pengacara pro bono ini, pendekatan persuasif dengan mediasi antar-pihak yang bersengketa bisa menjadi salah satu solusi yang diajukan oleh pemerintah.

“Daripada mengeluarkan pernyataan seperti ini, baiknya Pak Prabowo membantu mempercepat proses mediasi independen yang diusulkan berbagai kalangan termasuk Komnas HAM”, pungkas Surya Tjandra. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Kubu Anies Baswedan curiga Prabowo sengaja menyebar rumor tentang campur tangan asing untuk menutupi kegagalannya menjaga situasi di Rempang


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News