Perkembangan Terbaru Vaksinasi Tahap Ketiga Bagi Kelompok Rentan di Jakarta

Selasa, 18 Mei 2021 – 21:02 WIB
Perkembangan Terbaru Vaksinasi Tahap Ketiga Bagi Kelompok Rentan di Jakarta - JPNN.com
Juru bicara vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmidzi M.Epid. Foto/ilustrasi: tangkapan layar dalam video Kemenkes.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah masih berupaya mempercepat terwujudnya herd immunity bagi 181,5 juta penduduk Indonesia. Vaksinasi tahap ketiga yang menyasar kelompok rentan di DKI Jakarta dimulai per 5 Mei 2021.

Hal itu seperti diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dialog virtual bertajuk Vaksinasi Gelombang Ketiga Dimulai yang diselenggarakan KPCPEN, Selasa (18/5).

"Perlu diingat bahwa sasaran pertama saat kita setelah memasuki tahap ketiga yakni vaksinasi pada masyarakat umum ialah masyarakat rentan,” kata Nadia.

Nadia menjelaskan bahwa kelompok rentan ialah masyarakat yang tinggal di daerah risiko penularan Covid-19 yang tinggi atau zona merah. Selain itu, masyarakat ekonomi ke bawah juga masuk kategori kelompok rentan.

"Termasuk penyandang disabilitas,” ucap Nadia.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama menyebut pihaknya tengah melakukan vaksinasi kepada 445 RW yang menjadi prioritas penataan pemukiman di wilayah DKI Jakarta seperti tertuang di dalam Pergub Nomor 90 Tahun 2018.

Menurutnya, 142 ribu orang tercatat telah menjalani vaksinasi tahap ketiga bagi kelompok rentan dari 5 sampai 18 Mei 2021.

“Alhamdulillah vaksinasi tahap ketiga ini kami lakukan dengan lancar, tetapi juga diharapkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” kata Ngabila. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...