Perkuat Gubernur, Depdagri Ajukan RPP

Perkuat Gubernur, Depdagri Ajukan RPP
Perkuat Gubernur, Depdagri Ajukan RPP
JAKARTA - Departemen Dalam Negeri (Depdagri) terus berupaya memperkuat peran gubernur di daerah. Setelah menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) Gubernur se-Indonesia pada Selasa (22/12) dan Rabu (23/12) pekan lalu, departemen pimpinan Gamawan Fauzi itu bakal mengajukan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP). Bulan ini, RPP itu ditargetkan sudah sampai di meja Presiden SBY.

 

"Sekarang masih terus digodok RPP tersebut. Bulan depan ini (Januari, Red.) semoga sudah bisa diajukan ke Presiden," kata Kepala Pusat Penerangan Depdagri Saut Situmorang saat ditemui di kantornya, Kamis kemarin (31/12).

 

Saut menambahkan, substansi RPP itu tidak hanya dari Depdagri. Hasil rakornas para gubernur di Pekanbaru juga dimasukkan. "Rakornas itu salah satunya memang bertujuan untuk meminta masukan dari para gubernur tentang penguatan kewenangan mereka. Masukan itu akan kita godok di RPP," katanya.

 

Kata Saut, gubernur merupakan wakil pemerintah pusat di daerah. Beberapa kewenangan yang sebelumnya harus ke pusat, bisa ditangani gubernur. Saut mencontohkan pengangkatan Sekretaris Daerah (Sekda) di Kabupaten/kota.

 

JAKARTA - Departemen Dalam Negeri (Depdagri) terus berupaya memperkuat peran gubernur di daerah. Setelah menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News