Perkuat Ini untuk Hadapi Perubahan Ekonomi Global

Perkuat Ini untuk Hadapi Perubahan Ekonomi Global
Ketua DPD RI, Irman Gusman. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua DPD RI, Irman Gusman mengatakan penguatan koperasi diperlukan untuk menghadapi perubahan ekonomi global. Koperasi, kata dia, merupakan salah satu pilar pendukung pengembangan ekonomi Indonesia disamping Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

“Salah satu cara untuk memperkuat perekonomian adalah dengan kembali ke jati diri kita berdasarkan ekonomi berasas kekeluargaan dan kesejahteraan. Kesejahteraan dapat diwujudkan dengan menghidupkan koperasi sebagai cita-cita luhur dan jati diri kita,” ujar Irman Gusman dalam siaran pers Humas Setjen DPD RI diterima di Jakarta, Minggu (17/4).

Sebelumnya, Irman Gusman menjadi pembicara kunci dalam Simposium Nasional  bertema Sistem Pertahanan Ekonomi Nasional Menyikapi Perubahan Ekonomi Global yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Kolektif Kosgoro 1957, Jumat (15/4) lalu.

Senator asal Sumatera Barat ini juga menjelaskan bahwa salah satu langkah dalam menghadapi perubahan ekonomi global adalah menciptakan ketahanan ekonomi. Ketahanan ekonomi tersebut dapat terwujud dengan adanya dukungan dari dunia usaha, masyarakat sipil, pemerintah, dan seluruh elemen bangsa. “Ketahanan ekonomi adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Irman juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah melakukan sejumlah akselerasi perbaikan mendasar mulai dari kemudahan usaha, penyediaan infrastruktur secara merata, perpajakan dan sebagainya. Namun langkah pemerintah tentu harus didukung oleh dunia usaha, masyarakat sipil (civil Society) dan seluruh elemen bangsa.

“Untuk itu, kami mengajak semua bekerja sama membangun ketahanan nasional ini. Dengan kerja sama yang baik Insya Allah MEA yang kita hadapi saat ini akan menjadi berkah bagi seluruh bangsa Indonesia,” ujarnya.

Irman juga memberikan apresiasi kepada Kosgoro yang dianggap telah memberikan kontribusi bagi perekonomian bangsa. Politik yang digunakan oleh Kosgoro merupakan politik kesejahteraan dan kekeluargaan yang juga memiliki persamaan dengan sistem koperasi.

“Apresiasi saya kepada Kosgoro, salah satu elemen pembentuk Golkar yang sudah berkontribusi bagi bangsa dan negara dalam jangka waktu yang lama,” ujar Irman.(fri/jpnn)


JAKARTA – Ketua DPD RI, Irman Gusman mengatakan penguatan koperasi diperlukan untuk menghadapi perubahan ekonomi global. Koperasi, kata dia,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News