Perkuat Kolaborasi, Firli Bahuri Kumpulkan Elite Lembaga Antikorupsi Negara ASEAN

Perkuat Kolaborasi, Firli Bahuri Kumpulkan Elite Lembaga Antikorupsi Negara ASEAN
Ketua KPK Firli Bahuri dalam acara ASEAN-PAC Capacity Building di Jakarta. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar capacity building dengan mengundang para delegasi yang merupakan pimpinan lembaga pemberantasan korupsi di negara ASEAN, dalam forum ASEAN Parties Against Corruption (ASEAN-PAC).

Dalam sambutannya Ketua KPK Firli Bahuri mengapresiasi acara tersebut. Tema yang diangkat pun, kata Firli, sejalan dengan strategi KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Ada tiga cara yang kami yakini untuk memberantas korupsi. Selain penegakan hukum, pendidikan anti korupsi juga efektif. Begitu juga dengan memperkuat di sektor pencegahan korupsi," kata Firli dalam pidatonya, Selasa (30/5).

Firli mengatakan pendidikan anti korupsi telah masuk kurikulum Indonesia serta di pelajari di semua jenjang. "KPK bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta pemerintah daerah turut mendorong kurikulum anti korupsi," ujar Firli Bahuri.

Di sektor pencegahan, Firli mengatakan KPK melakukan pemetaan risiko korupsi di setiap lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah. Selain itu, kata Firli, KPK juga mendorong transparansi dan akuntabilitas di sektor-sektor yang bersentuhan langsung dengan kepentingan publik.

Di penghujung pidato, Firli mengutip sebuah kutipan tentang pentingnya keluarga. "Keluarga artinya tidak ada yang tertinggal dan dilupakan." Melalui workshop ini, Firli Berharap tidak ada negara ASEAN yang tertinggal dalam pemberantasan korupsi.

"Saya berharap suatu hari melihat korupsi sebagai sesuatu di masa lalu. Dan peradaban kita bebas korupsi," kata Firli.

Pimpinan lembaga pemberantasan korupsi negara anggota ASEAN yang di antaranya, Vice President of The Anti-Corruption Unit of The Kingdom of Cambodia Yonn Sinat, OIC Country Manager UNODC Indonesia Zoelda Anderton dan Acting Chief Special Investigator/Head of Prevention Section of ACB Brunei Hajah Norashiken Haji Mat Salleh.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan capacity building ini digagas pada saat pertemuan ke-14 Secretariat Meeting ASEAN-PAC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News