Perlu Antisipasi, Pengungsi Tembus 300 Ribu Jiwa

Perlu Antisipasi, Pengungsi Tembus 300 Ribu Jiwa
Perlu Antisipasi, Pengungsi Tembus 300 Ribu Jiwa
JAKARTA - Ketua DPD RI Irman Gusman mendesak pemerintah melakukan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terkait adanya sekitar 300 ribu warga Jogjakarta dan Jawa Tengah yang kini hidup dalam pengungsian akibat meletusnya Gunung Merapi.

"Terutama soal pemenuhan lauk-pauk pengungsi karena kemarin dikhabarkan Pemda setempat mulai mengalami krisis anggaran untuk membiayai konsumsi 300 ribu warga pengungsi," kata Irman Gusman di ruang kerjanya di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (8/11).

Menurut Irman, kondisi krisis itu harus cepat direspon dengan cara memberikan kepastian bahwa seluruh kebutuhan makanan, tempat tinggal, pakaian, dan obat-obatan dapat dipenuhi dengan cara penambahan anggaran untuk penanganan pengungsi.

Kendati begitu, kata Irman, penanganan bencana alam yang dilakukan pemerintah, baik banjir bandeng di Wasior, tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat dan letusan Gunung Merapi di Jogjakarta, sudah lebih baik. Namun, masih perlu ditingkatkan lagi.

JAKARTA - Ketua DPD RI Irman Gusman mendesak pemerintah melakukan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News