Pernah Dengar Istilah Belanda Depok? Ini Sejarahnya...

Pernah Dengar Istilah Belanda Depok? Ini Sejarahnya...
Gemeente Bestuur Depok, kantor pemerintahan Depok itu kini menjadi Rumah Sakit Harapan di Jl. Pemuda, Depok. Tugu yang nampak di foto ini dibangun pada 28 Juni 1814, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kematian Cornelis Chastelein, si empunya Depok. Tugu itu dihancurkan karena dianggap sebagai simbol kolonialisme. Foto: Dok. Keluarga Presiden Depok.

jpnn.com - BANYAK yang bilang, asal-usul nama Depok merujuk dari singkatan De Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen, terjemahan dari Jemaat Kristen yang pertama. Alibinya, di Depok terdapat perkampungan kristen yang dibangun Cornelis Chastelein, mantan pejabat tinggi VOC. Versi ini tidak benar! 

=======
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network
=======

Cornelis Chastelein mundur dari VOC karena tak cocok dengan Gubernur Jenderal van Outhoorn. Tak lama kemudian dia membeli tanah Depok. 

"Sapotong tanah ketjil di saberang timoer soengai besar dari nageri Depok jang koe soedah dapat beli dari orang tjina Tio Tiong Ko menoeroet soerat pembelian tanggal 5 December 1712 dengan harga lima poeloeh ringgit," tulis Cornelis Chastelein dalam testament (surat wasiat)-nya, 13-14 Maret 1714. 

"Djoega sapotong tanah ketjil disabelahnja tanah jang bahroe terseboet, lebarnja dan pandjangnja seperti di njatakan didalam kaart-nja landmeter Cornelis van Heusden tanggal 12 October 1713 dan jang akoe soedah dapat beli, menoeroet soerat pembelian di bawa tangan (onderhands) tanggal 5 Aug. 1713, dari kaptein Bali Oessien dengan harga lima poeloeh ringgit," sambung Chastelein.

Artinya, merujuk catatan tersebut, jauh hari sebelum dibeli Cornelis Chastelein, wilayah itu sudah bernama Depok. 

Menurut Yano Jonathans, penulis buku Depok Tempo Doeloe, Depok berasal dari kata padepokan. 

Dia menjelaskan, dahulu kala hutan Depok, Situ Pancoran Mas dan tepian sungai Ciliwung merupakan tempat bersemedi.

BANYAK yang bilang, asal-usul nama Depok merujuk dari singkatan De Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen, terjemahan dari Jemaat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News