Pernikahan Dini Sama-sama Usia 14 Tahun, Zainal Menangis

Pernikahan Dini Sama-sama Usia 14 Tahun, Zainal Menangis
Pasangan Zainal Arifin dan Ira Budiarti didampingi sang nenek Jannaria beserta paman-paman Zainal, Jumat (13/7). Foto: Rasidi Fadli/Radar Banjarmasin/JPNN.com

jpnn.com - Kasus pernikahan dini terjadi lagi, kali ini bocah laki-laki dan perempuan asal Binuang, Tapin, Kalsel. Usia sam-sama baru 14 tahun, keduanya melangsungkan perkawinan.

RASIDI FADLI, Rantau

Zainal Arifin (14) dan istrinya Ira Budiarti (14) melangsungkan akad nikah pada Kamis (12/7) malam. Saat penulis mendatangi kediaman mempelai di Jalan Saka Permai Desa Tungkap RT 27 Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Jumat (13/7) sore, Zainal terlihat masih sibuk membereskan tenda-tenda bekas pelaminan, ditemani ketiga pamannya, usai acara resepsi yang digelar Jumat pagi.

Tingkah polosnya masih terlihat, saat penulis bertanya, kenapa menikah di usia yang masih muda, Zainal masih senyum-senyum tanda malu-malu untuk menjawab.

"Kisah akan aja (ceritakan saja, Red)," kata seorang perempuan yang keluar dari rumahnya, yang ternyata adalah nenek Zainal, Jannaria (45).

Setelah mendapat izin dari nenek, Zainal pun bercerita lancar. Ia mengaku menikahi Ira karena sudah sangat cinta dengannya. "Ulun sayang banar lawan bini ulun ini (saya sangat sayang dengan istri saya ini)," kata Zainal memulai cerita.

Bocah yang baru lulus SD ini mengaku sudah berpacaran dengan istrinya sebulan terakhir. Melihat kedekatan keduanya, sang nenek lalu bertanya.

"Ikam handak kawin kah tuh (kamu mau kawin kah nak?)," ucap Jannaria menawari Zainal yang sudah diasuhnya sejak usia 1 tahun, setelah ayah dan ibu Zainal bercerai.

Zainal Arifin dan Ira Budiarti, sama-sama usia 14 tahun, warga Binuang, Tapin, Kalsel, melangsungkan pernikahan dini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News