Persaingan Low MPV, Sasaran Tembak Xpander Malah ke Mobilio

Persaingan Low MPV, Sasaran Tembak Xpander Malah ke Mobilio
Ekspor Mitsubishi Xpander. (Foto: ridho/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Segmen kendaraan penumpang multiguna atau MPV masih menjadi produk terlaris di pasar mobil tanah air terutama kelas low MPV. Kehadiran Mitsubishi Xpander membuat pangsa pasar MPV tetap tertinggi.

Sejalan kehadiran pemain baru, tentu pembagian kuenya pun menjadi bergeser, ada yang meningkat, stabil tapi ada juga yang tergerus. Yang perlu dicermati imbas datangnya Xpander bukanlah Avanza melainkan Honda Mobilio.

Jika kita lihat dari laporan data distribusi pabrik ke diler (wholesale) pada kuartal pertama 2018 Honda Mobilio yang sangat tertekan.

Diolah dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Mitsubishi Xpander masih memimpin hasil wholesale selama Januari sampai Maret 2018 dengan capaian 21,972 unit.

Avanza yang sekian lama menduduki puncak penjualan low MPV di Indonesia harus sabar digeser Xpander dengan capaian sebanyak 21,413 unit.

Persaingan tersebut ternyata yang paling berimbas adalah eksistensi Honda Mobilio. Jika Avanza hanya terlampaui sedikit, Mobilio jauh drastis tertekan.

Distribusi Mobilio dari Januari ke Maret menunjukkan grafik menurun, dari angka 1,847 unit, kemudian Februari 1,514 unit dan Maret menurun lagi ke 1,494 unit dengan total tiga bulan pertama sebanyak 4,855 unit.

Jika dibandingkan capaian Honda Mobilio pada periode sama tahun lalu, penurunannya hampir 300 persen di mana torehan wholesale tiga bulan pertama pada 2017 mencapai 14,204 unit.

Kehadiran pemain baru di kelas low MPV, seperti Xpander tentu merubah peta pembagian kue. Selain Avanza ada yang lebih menyakitkan dalam persaingan ini.