Persiapan Jalur Mudik Sudah Mencapai 95 %

Persiapan Jalur Mudik Sudah Mencapai 95 %
MUDIK. Suasana Mudik di Sampit. Masih banyak penumpang yang telantar, menunggu angkutan Kapal. FOTO ; Radar Sampit
JAKARTA - Sepuluh hari menjelang Idul Fitri, pemerintah memastikan bahwa seluruh infrastruktur jalan darat telah siap dilalui kendaraan arus mudik Lebaran 2010. Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan, seluruh proyek perbaikan maupun pembuatan jalan yang juga titik arus mudik telah selesai sekitar 95 persen. Sisanya persen diperkirakan selesai dalam 1-2 hari mendatang..

 

"Semua jalan yang akan dilalui kendaraan mudik telah diselesaikan. Jadi, menjelang Lebaran tidak ada lagi jalan yang rusak," tegas Djoko di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. .Djoko memastikan tidak ada pengerjaan perbaikan jalan dan pembuatan jalan baru selama arus mudik berlangsung. Kementerian PU hanya akan bekerja sebelum Lebaran sehingga pada hari H seluruh jalan siap dilewati. "Tepatnya, sebelum H-7 sampai H+7 tidak ada pekerjaan terkait jalanan lagi," ungkapnya.

 

Wakil Menteri PU Hermanto Dardak mengatakan, pihaknya mengerahkan 10 tim untuk menginspeksi persiapan jalur mudik 2010. Kementerian PU menyatakan 95 persen jalur mudik sepanjang 11 ribu kilometer jalan nasional dan 4.200 jalan alternatif di lima pulau besar di Indonesia telah siap digunakan. "Seluruh tim telah ke lapangan untuk melihat kondisi terakhir jalur mudik," ujar Hermanto.

 

Menurut dia, Kementerian PU yang bertanggung jawab terhadap penyediaan infrastruktur jalan telah menyiapkan jalur Lebaran. Rute-rute jalan yang telah diinspeksi, antara lain, enam jalur lintas Sumatera, empat jalur lintas Jawa, tiga jalur lintas Bali, empat jalur lintas Sulawesi Selatan, dan tiga jalur lintas Kalimantan Selatan.

 

JAKARTA - Sepuluh hari menjelang Idul Fitri, pemerintah memastikan bahwa seluruh infrastruktur jalan darat telah siap dilalui kendaraan arus mudik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News