Persiapan PON Mantap! Begini Simulasi Pasokan Listrik PLN

Persiapan PON Mantap! Begini Simulasi Pasokan Listrik PLN
PLN melakukan simulasi pengamanan pasokan listrik PON XX Papua. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021 dilakukan dengan hati-hati dan teliti, termasuk soal pasokan listrik.

PT PLN (Persero) menggelar simulasi kelistrikan anti padam sebagai bentuk antisipasi gangguan saat pelaksanaan pekan olahraga terbesar di Indonesia itu.

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Syamsul Huda mengatakan simulasi kelistrikan ini dilakukan untuk melihat kesiapan perseroan dalam menghadapi gangguan saat pelaksanaan PON, salah satunya di lokasi Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika.

"Jika sistem listrik dari PLN itu padam, backup-nya sudah bisa jalan, ada UPS dan Mobile Genset yang kita pasang, sehingga praktis tidak ada kedip saat terjadi gangguan pada sistem kelistrikan PLN,” kata Huda dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Minggu (12/9).

Huda menjelaskan pelaksanaan simulasi dimulai dari keadaan normal dengan beban venue disuplai oleh jaringan listrik yang ada.

Kemudian petugas yang bersiaga pada Load Break Switch Three Ways memadamkan pasokan listrik ke venue guna membuat seolah-olah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan.

Kondisi ini menyebabkan suplai listrik instalasi venue secara otomatis diambil alih oleh baterai Uninterruptible Power Supply (UPS), sebelum akhirnya genset beroperasi secara otomatis mengalirkan listrik ke venue.

"Dengan cara ini listrik pada venue tidak mengalami kedip atau padam," jelas Huda.

PLN menggelar simulasi pengamanan pasokan listrik PON di Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News