Pertama Terjadi, 16 Nakes di RSUD AA Riau Positif COVID-19

Pertama Terjadi, 16 Nakes di RSUD AA Riau Positif COVID-19
Petugas kesehatan mengenakan hazmat di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (23/7). Foto: ANTARA/FB Anggoro

jpnn.com, PEKANBARU - Manajemen RSUD Arifin Achmad (AA) di Kota Pekanbaru melakukan uji usap (swab) kepada 500 pegawainya, menyusul 16 tenaga kesehatan (nakes) di fasilitas kesehatan milik Pemprov Riau itu dinyatakan positif COVID-19.

"Kami berdoa agar tidak ada lagi nakes di RSUD AA yang terpapar COVID-19. Kami telah melakukan swab (uji usap) terhadap 500 nakes dan pegawai lainnya kemarin," kata Direktur RSUD AA dr Nuzelly Husnedi MARS, dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Kamis.

Sebanyak 16 nakes di RSUD AA dinyatakan positif COVID-19 pada Rabu (22/7), yang merupakan pertama kali terjadi di fasilitas kesehatan itu.

Meski begitu, manajemen menyatakan belasan nakes tersebut selama ini tidak menangani pasien COVID-19.

Meski begitu, Nuzelly mengatakan RSUD AA tetap beroperasi seperti biasa untuk melayani pasien umum yang berobat. Nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 telah diisolasi dan menjalani pengobatan.

Ia mengimbau masyarakat yang berobat di RSUD AA jangan khawatir, karena manajemen cukup ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Pelayanan di RSUD AA seperti biasa, tetap melayani pasien umum yang berobat di RSUD. Memang ada tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19,tetapitidak berpengaruh. Sejauh ini tindakan perawatan terhadap pasien umum dijalankan dengan protap yang ketat," ujarnya.

Menurut dia, untuk dokter yang melayani pasien umum belum ada yang terpapar virus corona termasuk nakes yang positif tidak ada yang melayani pasien umum. Untuk itu, masyarakat jangan takut dengan adanya nakes yang positif COVID-19.

Manajemen RSUD Arifin Achmad Kota Pekanbaru melakukan uji swab kepada 500 pegawainya, menyusul 16 tenaga kesehatan (nakes) positif Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News