Pertambangan Timah Bukan Lagi Andalan Belitung

Pertambangan Timah Bukan Lagi Andalan Belitung
Pertambangan Timah Bukan Lagi Andalan Belitung
BELITUNG - Bupati Belitung, Darmansyah Husein menyatakan bahwa pertambangan timah tidak akan lagi diperhitungkan sebagai sektor penggerak pertumbuhan ekonomi Belitung masa depan. Karena itu, Pemkab Belitung relatif bersikap pasif terhadap sektor pertambangan timah dan hanya mengambil posisi mengawasi tambang-tambang timah yang mayoritas dilakukan oleh masyarakat lokal.

"Tambang timah tidak lagi menjadi sektor lokomotif ekonomi karena itu Pemkab saat ini lebih banyak mengawasi proses tambang timah yang dilakukan oleh masyarakat guna meminimalisir dampak negatif dari kegiatan menambang tersebut," kata Darmansyah Husein, saat memberikan sambutan dalam acara Press Gathering pimpinan MPR bersama wartawan parlemen, di Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) Jumat (11/11).

Dijelaskannya, mayoritas penambang saat ini adalah masyarakat lokal. Sementara PT Timah (Persero), semenjak tahun 1990-an tidak lagi melakukan penambangan dan lebih banyak menampung hasil tambang mitranya yakni masyarakat.

Keberadaan beberapa wilayah pertambangan (WP) di Belitung ini, lanjutnya, bukan atas dasar wewenang dan izin dari Pemerintah Kabupaten Belitung. "Penentuan wilayah tambang timah di Belitung adalah wewenang pemerintah yang harus mendapat persetujuan dari DPR. Pemerintah Belitung tak berwenang untuk itu." ungkap Darmansyah Husein.

BELITUNG - Bupati Belitung, Darmansyah Husein menyatakan bahwa pertambangan timah tidak akan lagi diperhitungkan sebagai sektor penggerak pertumbuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News