Pertamina Ajak UMK Naik Kelas Lewat UMK Academy & Pertapreneur Aggregator 2023

Pertamina Ajak UMK Naik Kelas Lewat UMK Academy & Pertapreneur Aggregator 2023
UMKM binaan Pertamina membuktikan keunggulannya dengan mencatat total penjualan hingga mencapai Rp 35 miliar di ajang TEI 2022 yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan pada 19-23 Oktober di ICE BSD. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina bersama Markplus mendorong akselerasi UMKM dengan menggelar Kick Off UMK Academy dan Pertapreneur Aggregator 2023, yang dilakukan secara virtual, pada Kamis (6/7).

UMK Academy digelar untuk yang keempat kalinya dengan mengusung tema “Meningkatkan Kualitas, Menjadi Juara Kelas”, di mana para pelaku UMK tidak dipaksa untuk naik kelas, namun mampu menguasai persaingan di posisinya saat ini.

Sementara itu di tahun keduanya, Pertapreneur Agregator “Sinergi Kreativitas UMK Dalam Mengelola Peluang”, untuk menantang para pelaku UMK menggunakan kreativitasnya dalam melihat dan memanfaatkan peluang bisnis khususnya dari sisi kolaborasi antar UMK.

Pertapreneur aggregator adalah UMK binaan yang diharapkan menjadi penggerak bagi UMK lainnya.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dalam sambutannya mengatakan sejak program UMK Academy ini digulirkan pada 2020 lalu, telah mencetak lebih dari 1.200 UMK yang kini sukses menjawab tantangan persaingan bisnis di tingkat lokal hingga global.

Selain itu pengusaha perempuan, dan pengusaha milenial memiliki peluang yang sama hingga nantinya akan melahirkan para Aggregator UMK yang dapat membangun jejaring kolaborasi antar pengusaha agar dapat maju bersama.

"Kami percaya kolaborasi seperti ini adalah kunci dalam membangun ekosistem yang kuat dan berkelanjutan bagi para pelaku UMK," jelas Nicke.

Melalui UMK Academy dan Pertapreneur Aggregator diharapkan dapat mencetak UMKM naik kelas, dan  terpacu untuk meningkatkan produktivitas, dan mengeksplorasi ide-ide baru, menciptakan inovasi untuk tetap kompetitif, serta meningkatkan kecintaan masyarakat pada produk-produk dalam negeri.

Pertamina percaya kolaborasi seperti ini adalah kunci dalam membangun ekosistem yang kuat dan berkelanjutan bagi para pelaku UMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News