Pertamina Geber Pengembangan Infrastruktur BBM

Pertamina Geber Pengembangan Infrastruktur BBM
Pertamina Geber Pengembangan Infrastruktur BBM

jpnn.com - JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menggenjot penambahan fasilitas pendistribusian BBM sebagai upaya mengantisipasi pertumbuhan permintaan sekaligus menjangkau masyarakat yang lebih luas. 

Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Suhartoko mengatakan, selama tahun 2013 perusahaan telah menyalurkan sekitar 60 juta kiloliter (kl) BBM, baik untuk retail PSO dan non PSO serta industri, hingga nelayan. Untuk itu, katanya, Pertamina didukung dengan infrastruktur distribusi BBM yang meliputi 200 kapal tanker berbagai ukuran, 6.600 outlet SPBU dan APMS, jalur pipa transmisi serta 112 terminal BBM dengan total kapasitas terpasang 4,72 juta kl. 

"Dengan penugasan untuk mendistribusikan BBM ke seluruh tanah air, maka hal ini mengambil sekitar 70 persen dari seluruh aktifitas Pertamina. Tentunya ini merupakan bagian dari sumbangsih perusahaan dalam menyediakan energi untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang menjangkau pelosok negeri," kata Suhartoko, Senin (16/6). 

Dengan tren konsumsi BBM yang terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan pertumbuhan ekonomi, Pertamina perlu terus mengembangkan infrastruktur untuk memastikan kebutuhan BBM masyarakat dapat terpenuhi. Untuk itu, kata Suhartoko, Pertamina telah merencanakan adanya beberapa penambahan fasilitas distribusi BBM. 

Dia mencontohkan untuk fasilitas penampungan BBM, Pertamina telah menargetkan penambahan kapasitas penampungan BBM sebesar 1,25 juta kl menjadi 5,97 juta kl hingga 2018 yang tersebar di Indonesia bagian timur, tengah, maupun barat. 

"Untuk fasilitas retail, Pertamina tahun ini akan menambah sebanyak 226 outlet, mulai dari SPBU, agen premium dan minyak solar (APMS), serta solar packed dealer nelayan (SPDN)," sebut dia. (lum)


JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menggenjot penambahan fasilitas pendistribusian BBM sebagai upaya mengantisipasi pertumbuhan permintaan sekaligus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News