Pertamina Hulu Bangun Tiga Anjungan Baru

Pertamina Hulu Bangun Tiga Anjungan Baru
Pertamina Hulu Bangun Tiga Anjungan Baru
SURABAYA - Pertamina Hulu energi West Madura Offshore (PHE WMO) berupaya menahan laju penurunan produksi (declining rate). Tercatat, rata-rata declining rate tiap tahun bisa mencapai 50 persen. Karena itu, mereka akan menuntaskan pembangunan tiga anjungan baru, satu di antaranya siap berproduksi kali pertama pada 21 Desember nanti.

       

Direktur Hulu Pertamina Muhamad Husen mengatakan satu anjungan yang sudah tuntas pembangunannya bernama PHE-38B. Nilai kontrak anjungan yang dibangun Pertamina bekerja sama dengan Bakrie Construction itu sebesar USD 19,2 juta. Sedangkan, dua lagi, yakni PHE-39 dan PHE-54 ditargetkan dapat selesai Desember nanti.

"Keberadaan anjungan-anjungan itu sangat penting untuk menghentikan declining rate di Blok WMO. Rata-rata mencapai 50 persen tiap tahun," tandas Husen, Minggu (28/10).

         

Dia menguraikan, dari sisi operasional anjungan PHE-38B tersebut dapat mengebor 6-8 sumur dengan produksi sekitar 7.000 barel per hari (BPH) dan gas 35 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Karena itu, PHE WMO mematok target, anjungan baru itu siap memproduksi minyak dan gas dalam waktu dekat.

SURABAYA - Pertamina Hulu energi West Madura Offshore (PHE WMO) berupaya menahan laju penurunan produksi (declining rate). Tercatat, rata-rata declining

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News