Pertamina Kuasai Gas Cepu

Produksi untuk Listrik dan Industri Jatim

Pertamina Kuasai Gas Cepu
Pertamina Kuasai Gas Cepu
JAKARTA - Keinginan Pertamina untuk menguasai gas di Blok Cepu akhirnya terwujud. Ini setelah Kementerian ESDM mempercayakan pengelolaan gas Cepu kepada Pertamina.

VP Komunikasi PT Pertamina Mochamad Harun mengatakan, pengelolaan lapangan gas Jambaran yang masih berada dalam wilayah kerja Blok Cepu yang dioperatori oleh Mobil Cepu Ltd, akan diambil alih oleh Pertamina. "Pengelolaan gas Jambaran akan digabung dengan Lapangan Tiung Biru yang juga dikelola Pertamina EP," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (19/8).

    

Penyerahan operatorship atau hak pengelola lapangan gas Jambaran dilakukan melalui penandatanganan Head of Agreement antara PT Pertamina EP, Mobil Cepu Ltd., Ampolex (Cepu) Pte. Ltd., dan PT. Pertamina EP Cepu mengenai pelaksanaan unitisasi Lapangan Jambaran - Tiung Biru. "Unitisasi ini dilakukan karena struktur Tiung Biru telah terbukti menerus sampai dengan struktur Jambaran," kata Menteri ESDM Darwin Z. Saleh.

Dengan penyerahan lapangan gas ke Pertamina, maka Mobil Cepu Ltd yang merupakan anak usaha ExxonMobil akan fokus mengelola cadangan minyak Blok Cepu yang ada di Lapangan Banyu Urip. Apalagi, akhir April lalu Mobil Cepu Ltd berhasil menemukan sumur minyak baru Kedung Keris-1 yang terletak di desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur), atau sekitar 14 kilometer dari Lapangan Banyu Urip. Adapun cadangan gas akan dikelola oleh Pertamina.

JAKARTA - Keinginan Pertamina untuk menguasai gas di Blok Cepu akhirnya terwujud. Ini setelah Kementerian ESDM mempercayakan pengelolaan gas Cepu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News