Pertamina Luncurkan 9 Produk Inovasi Pengolahan Minyak Mentah jadi Petrokimia Bernilai Tinggi

Pertamina Luncurkan 9 Produk Inovasi Pengolahan Minyak Mentah jadi Petrokimia Bernilai Tinggi
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat meluncurkan 9 produk inovasi pengolahan minyak mentah menjadi petrokomia pada acara Pertamina Research & Innovation Day di Grha Pertamina Jakarta, Kamis (22/6). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina secara resmi meluncurkan 9 produk inovasi yang telah memiliki hak paten untuk mengolah minyak mentah (crude) menjadi produk petrokimia yang bernilai tinggi.

Selain ke-9 produk inovasi tersebut, Pertamina saat ini telah memiliki 49 hak paten untuk hilirisasi minyak mentah (crude) menjadi produk petrokimia.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat meluncurkan 9 produk inovasi pengolahan minyak mentah menjadi petrokomia pada acara Pertamina Research & Innovation Day di Grha Pertamina Jakarta, Kamis (22/6).

Nicke mengungkapkan saat ini juga ada lebih dari 200 program inovasi yang sedang digarap Tim Research Technology and Innovation PT Pertamina (Persero).

“Untuk sustainability bisnis Pertamina, maka crude untuk chemical akan sangat penting, karena chemical saat ini lebih dari 80 persen masih impor. Jadi fokus hari ini bagaimana semua produk yang kami hasilkan bisa diproses menjadi chemical untuk mengurangi impor. Import substitution itulah tagline utamanya,” ujar Nicke Widyawati.

Menurut Nicke, inovasi yang dilakukan Pertamina merupakan jawaban atas tantangan global yang dihadapi perusahaan energi, seperti Pertamina maupun dihadapi perusahaan energi global lainnya.

Diakuinya, transisi energi global memang menuntut Pertamina melakukan perubahan.

"Namun di sisi lain, kami tetap harus menjaga energy security, serta pada saat yang sama kita juga harus menjaga affordability (keterjangkauan), dan juga mulai membangun sustainability (keberlanjutan). Tiga hal ini harus sama-sama kami jalankan,” tegas Nicke.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati meluncurkan 9 produk inovasi pengolahan minyak mentah menjadi petrokomia bernilai tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News