Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru

Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru
Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru
JAKARTA - PT Pertamina EP berhasil menemukan struktur hidrokarbon dengan cadangan gas baru berkapasitas 8,6 juta kaki kubik (MMSCFD) dan 180 barel perhari (BOPD) Condensate. Cadangan besar itu berada di Sumur Akasia Bagus (ABG) - 1, Indramayu.

"Temuan ini merupakan salah satu hasil dari upaya agresif Pertamina EP untuk memperoleh cadangan Migas baru," ujar Direktur Eksplorasi & Pengembangan, Syamsu Alam kemarin. Pada 2010 Pertamina EP gencar melaksanakan eksplorasi dengan target pemboran 26 sumur eksplorasi diberbagai daerah serta pelaksanaan 1345 kilometer survei seismic 3 D (tiga dimensi) dan 721 kilometer survei 2 D (dua dimensi).

Menurut Syamsu, percepatan program eksplorasi itu merupakan upaya stategis untuk meningkatkan cadangan Migas dalam mendukung pertumbuhan produksi. Sumur ABG-1 yang digali pada 5 Desember 2009 berhasil mencapai kedalaman akhir 3100 m pada 22 Maret 2010. "Target utamanya lapisan Batugamping Formasi Baturaja dan lapisan Formasi Cibulakan Atas dan Formasi Parigi," tukasnya.

Tahapan selanjutnya akan dilakukan evaluasi menyeluruh tentang kondisi bawah permukaan untuk selanjutnya dilakukan pemboran sumur deliniasi. Untuk pengembangan kedepan diharapkan kandungan Gas dari daerah ini dapat mendukung upaya pemenuhan kebutuhan gas di Jawa Barat. "Penemuan cadangan gas baru di Indramayu ini diharapkan dapat memperkuat posisi Pertamina EP selaku produsen gas terbesar untuk kebutuhan domestik," tambahnya.

JAKARTA - PT Pertamina EP berhasil menemukan struktur hidrokarbon dengan cadangan gas baru berkapasitas 8,6 juta kaki kubik (MMSCFD) dan 180 barel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News