Pertamina & TNI AL Gelar Latihan Keadaan Darurat di Balikpapan, Ada Adegan Menegangkan

Pertamina & TNI AL Gelar Latihan Keadaan Darurat di Balikpapan, Ada Adegan Menegangkan
Pasukan elite TNI AL Denjaka menyelamatkan perwira Pertamina dan mengambil alih platform dari pembajak saat kegiatan Emergency & Major Crisis Exercise Pertamina-TNI AL yang diselenggarakan di Sepinggan Field zona 10, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/11). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pertamina terus memperkuat pengamanan infrastruktur energinya dengan menggandeng pasukan elite TNI AL, yakni Pasukan Anti Teror Detasemen Jalamangkara (Denjaka).

Keterlibatan pasukan elite TNI AL ini terlihat dalam simulasi pembebasan Kapal MT Sanga-Sanga yang dibajak di perairan Balikpapan pada Kamis (23/11).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan infrastruktur energi merupakan objek vital nasional (obvitnas) yang harus mendapat pengamanan ketat sehingga dalam pelaksanaannya Pertamina menggandeng sejumlah stakeholder, seperti TNI dan Polri.

“Pertamina harus memastikan keamanan seluruh infrastruktur energi untuk menjaga stok dan ketahanan energi nasional,” tegas Fadjar.

Fadjar menyampaikan menjaga ketahanan energi nasional sama pentingnya dengan menjaga kedaulatan bangsa sehingga TNI dan Polri menjadi garda terdepan dalam menjaga aset Pertamina di seluruh Indonesia.

“Simulasi ini diharapkan semakin memperkuat sinergi antara Pertamina dengan TNI, Polri dan seluruh stakeholder sehingga jika terjadi situasi darurat bisa segara diatasi dengan cepat, seperti tergambar dalam simulasi,” imbuh Fadjar.

Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto mengatakan pelaksanaan latihan penanganan gangguan keamanan di laut dilakukan dengan cepat dengan menerjunkan 274 personel detasemen antiteror Denjaka yang didukung berbagai elemen pasukan TNI AL.

"Kami melaksanakan latihan penanganan gangguan keamanan di laut khususnya menangani gangguan keamanan, baik itu perompakan maupun sabotase sehingga diharapkan kekuatan ini lebih solid dan sinergis bekerja sama dengan Pertamina," terangnya.

Bertujuan memperkuat pengamanan objek vital nasional, Pertamina dan TNI AL gelar latihan keadaan darurat di Balikpapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News