JPNN.com

Pertanda Kuat Gerindra Gabung, Mendapat Jatah Kursi MPR

Kamis, 08 Agustus 2019 – 08:39 WIB Pertanda Kuat Gerindra Gabung, Mendapat Jatah Kursi MPR - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Prabowo Subianto di Kongres V PDI Perjuangan di Bali, Kamis (8/8), menguatkan spekulasi bahwa Partai Gerindra bakal bergabung dengan koalisi partai pengusung Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin.

Analis politik Hendri Satrio bahkan menilai penambahan anggota koalisi tersebut bisa saja menjadi salah satu poin penting yang akan dibicarakan peserta kongres, selain masalah penerus Megawati. Termasuk peluang Gerindra mendapatkan jatah ketua MPR RI.

"Justru di Kongres PDI Perjuangan ini banyak hal yang akan kita saksikan, pertama kepada siapa nanti Megawati mempersiapkan penerusnya," kata pendiri lembaga KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) ini.

BACA JUGA: Prabowo Mau Hadiri Kongres PDIP, Jangan Ada Pihak Kebakaran Bewok

Dia memprediksi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai berlambang banteng moncong putih bisa saja terjadi perubahan untuk memasukkan posisi ketua harian maupun para wakil ketua umum.

"Kemudian posisi ketua MPR bagaimana, diberikan ke Gerindra atau diberikan kepada partai koalisi Pak Jokowi yang lain. Itu kan arahannya bisa dari Megawati," lanjut pengajar di Universitas Paramadina ini.

Berbagai persoalan penting lain yang mungkin akan dibahas di kongres kali ini termasuk persiapan Pilkada serentak 2020, dan persiapan menghadapi pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden 2024.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...