Pertanian Tetap Ampuh di Masa Pandemi, Gus Muhaimin Punya Saran untuk Pemerintah

Pertanian Tetap Ampuh di Masa Pandemi, Gus Muhaimin Punya Saran untuk Pemerintah
Abdul Muhaimin Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar memuji sektor pertanian nasional yang tetap tumbuh positif pada masa pandemi.

Buktinya, pertanian menjadi satu-satunya sektor penyumbang produk domestik bruto (PDB) yang tetap tumbuh positif saat pandemi Covid-19 sangat berdampak pada ekonomi.

“Pertumbuhan sektor pertanian patut kita dukung dengan meningkatakan investasi dan memberikan banyak insentif. Peningkatan investasi pemerintah dapat dilakukan melalui pemberian kredit pertanian, meningkatkan pendaaan penelitian dan pengembangan pertanian, intensifikasi penggunaan teknologi pertanian maupun peningkatan jumlah angkatan petani-petani baru,” ujar Muhaimin, Jumat (7/8).

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan sektor pertanian pada triwulan II 2020 tumbuh 16,24 persen dibandingkan triwulan I 2020 (q to q). Sementara dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (year on year), sektor pertanian tumbuh 2,19 persen.

Adapun empat sektor lain penyumbang PDB tumbuh negatif. Perinciannya adalah industri (-6,19 persen), perdagangan (-7,57 persen), konstruksi (-5,39 persen) dan pertambangan (-2,72 persen).

Oleh karena itu Gus AMI -panggilan akrab Muhaimin- mengharapkan pemerintah memberikan lebih banyak insentif kepada petani. Sebab, kenaikan Nilai Tukar Petani (NTP) Juli 2020 belum sepenuhnya menguntungkan masyarakat yang menekuni sektor pertanian.

Menurut Gus AMI, hal itu disebabkan tidak meratanya infrastruktur, khususnya untuk mengangkut hasil panen, serta panen raya yang berbarengan. Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut kondisi itu selalu berulang sehingga harus ada solusinya.

“Ini masalah selalu berulang. Harus ditemukan mekanisme penyerapan dan distribusi yang baik supaya tidak ada penumpukan saat panen. Harus dicari terobosan bagaimana improvisasi pada aspek distribusi hasil pertanian,” tuturnya.

Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar memuji sektor pertanian nasional yang tetap tumbuh positif pada masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News