Pertemuan Trump - Kim Jong Un Bakal Dihadiri Pihak Ketiga

Pertemuan Trump - Kim Jong Un Bakal Dihadiri Pihak Ketiga
Kim Jong Un menyampaikan pidato tahun baru 2017. Foto: Reuters

jpnn.com - Banyak kejutan menghiasi rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Jika pekan lalu Trump tiba-tiba membatalkan pertemuan dan mendadak mencabut pembatalan, kini kejutan datang dari Korea Selatan (Korsel). Kemarin, Senin (28/5) Blue House mengumumkan bahwa Presiden Moon Jae-in akan hadir dalam pertemuan bersejarah tersebut.

”Kami masih menunggu perkembangan selanjutnya. Tapi, sepertinya, Presiden (Moon) akan bergabung (dengan Trump dan Jong-un) di Singapura,” kata seorang pejabat Blue House sebagaimana dilansir kantor berita Korsel Yonhap.

Dia menyebutkan bahwa Moon akan terlibat dalam pertemuan tahap awal saja. Tapi, dia belum bisa memaparkan detail keterlibatan pemimpin 65 tahun itu dalam pertemuan 12 Juni nanti.

Jika skenario Blue House terwujud, pertemuan di Singapura nanti tidak lagi hanya dua arah, melainkan tiga arah. Sebab, selain AS dan Korut, ada Korsel yang akan urun rembuk.

Namun, fokus dialog tiga arah itu tetaplah hubungan AS dan Korut. Dengan bantuan Korsel, AS dan Korut akan berusaha merumuskan formula yang bisa mengakhiri perseteruan dua negara secara permanen.

Menurut Eugene Tan, pakar politik Singapura sekaligus dosen Singapore Management University, pertemuan itu akan berlangsung di Shangri-La Hotel.

”Dibandingkan kandidat lokasi yang lain, Shangri-La adalah yang paling ideal,” katanya dalam wawancara dengan The Washington Times kemarin. Namun, sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari pemerintah Singapura terkait lokasi pertemuan. (hep/c17/ano)


Banyak kejutan menghiasi rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News