Pesan Bang Ray Untuk Pertanyaan Debat Cagub Malam Ini

Pesan Bang Ray Untuk Pertanyaan Debat Cagub Malam Ini
Tiga pasangan calon yaitu Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat mengikuti depat di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1). Debat dihadiri 4 orang panelis, Dr Imam Prasodjo (UI), Prof Dr Aceng Rahmat MPd (Seni Universitas Negeri Jakarta), Dr Yayat Supriyatna (Trisakti) dan Dr Enny Sri Hartati (Direktur Indef). Foto by: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti mengusulkan wacana penerapan Jakarta Bersyariat dijadikan bahan pertanyaan kepada kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam debat Pilkada Jakarta 2017 putaran kedua nanti malam.

Hal ini, menurut Ray, didasarkan pada semakin menguatnya tuntutan dan isu pemberlakuan aturan-aturan syariat dari masyarakat.

“Saya usulkan agar itu jadi bahan pertanyaan untuk debat nanti. Bagaimana komitmen mereka terkait wacana ini,” kata Ray saat menghadiri diskusi ‘Ketika Jakarta Bersyariat Ditolak Paslon: Akankah Peta Dukungan Berubah’ di D’Hotel, Jakarta Pusat.

Debat adalah media penting untuk menguji komitmen kedua pasangan calon. Termasuk komitmen soal sejauh apa mengadopsi ide Jakarta Bersyariat yang ramai diperbincangkan.

Terlebih lagi, debat ini adalah sesi debat terakhir menjelang pencoblosan pada 19 April 2017 nanti.

Sebelumnya, spanduk-spanduk dukungan dan penerapan Jakarta Bersyariat sempat beredar di beberapa titik di Jakarta pada Senin 3 April 2017.

Spanduk-spanduk ini menyertakan foto pasangan calon Anies Baswedan – Sandiaga Uno.

Dalam spanduk-spanduk tersebut, tercantum beberapa perda yang mungkin diterapkan seperti pembentukkan polisi syariah, penerapan hukum cambuk, dan kewajiban berbusana muslim.

Pengamat politik Ray Rangkuti mengusulkan wacana penerapan Jakarta Bersyariat dijadikan bahan pertanyaan kepada kedua pasangan calon gubernur dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News