Pesan Damai Pertemuan Lintas Agama dengan Raja Salman

Pesan Damai Pertemuan Lintas Agama dengan Raja Salman
Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipurna dari Republik Indonesia. Anugerah itu diberikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017). Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi menilai pertemuan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dengan tokoh lintas agama di Jakarta, merupakan pesan damai untuk dunia.

Ini disampaikan Retno saat konferensi pers di kantor Kementerian Luar Negeri, Jumat (3/3).

Pertemuan yang diinisasi dan dimoderatori langsung oleh Presiden Joko Widodo, berlangsung setelah Raja Salman mengundang Presiden Jokowi minum teh bersama di Hotel Rafles, Jakarta Selatan.

Pertemuan ini berkesan karena dilakukan di sebuah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dan diinisiasi oleh Presidennya Joko Widodo.

"Pertemuan lintas agama dengan seorang raja dan sekaligus sebagai penjaga dua kota suci. Saya kira ini merupakan satu pertemuan yang sangat baik dengan pesan toleransi, harmoni, kemajemukan bagi perdamaian dunia," kata Retno.

Diketahui, ada 28 orang tokoh enam agama yang ada di Indonesia di pertemuan tersebut. Yakni sembilan tokoh agama Islam, empat tokoh agama Kristen Protestan, empat tokoh agama Kristen Katholik, empat tokoh agama Buddha, empat tokoh agama Hindu, dan tiga tokoh agama Konghucu.

Tokoh dari agama Islam yang hadir adalah Din Syamsuddin, Azyumardi Azra, Kammarudin Amin, Alwi Shihab, Zannuba Arriffah C Rahman (Yenny Wahid), Abdul Mufti, Masyakuri Abdillah, Komaruddin Hidayat dan Yudie Latief.

Tokoh-tokoh yang mewakili agama Kristen Protestan adalah Hanriette T Hutabarat, Pdt. Rony Mandang, Pdt Jacob Nahuway dan Gomar Gultom. Dari agama Kristen Katholik hadir Mgr Ignatius Suharyo Harjoatmojo, Mgr Antonius Subianto Osc, Mgr Paskalis Bruno Syukur Ofm dan Franz Magnis Suseno.

 Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi menilai pertemuan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dengan tokoh lintas agama di Jakarta, merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News