Pesan Ketum LDII pada Peringatan HPN 2021

Pesan Ketum LDII pada Peringatan HPN 2021
Ketua Umum DPP LDII KH. Chriswanto Santoso. Foto: dok. LDII

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan seluruh insan pers tengah merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Ketua Umum DPP LDII Chriswanto Santoso mengatakan, sepanjang sejarahnya pers merupakan agen perubahan, yang turut membantu memerdekakan dan mendirikan Indonesia.

“Semoga pers selalu istikamah menjalankan fungsi memberi informasi, mengedukasi, memberi hiburan, dan alat kontrol demokrasi di tengah tantangan media sosial,” ujar Chriswanto dalam keterangannya.

Menurut dia, banyak jasa pers dalam sejarah perjuangan bangsa, sebagaimana jasa para pahlawan yang bertempur secara fisik untuk melahirkan Indonesia.

Chriswanto mengingatkan kembali, dalam dua dekade terakhir, media massa menghadapi tantangan serius dari media sosial. Tantangan itu berupa kecepatan informasi dan ekonomi.

“Dunia cepat berubah, media sosial menyerap iklan dan informasi bergerak cepat, bahkan bisa ditayangkan langsung secara individu bukan lagi lembaga pers,” ujar Chriswanto.

Kerja pers yang selalu mengedepankan cek ricek dan liputan dua sisi (coverbothside), yang diolah dari reporter hingga redaktur, tergantikan dengan informasi langsung, sensasional, yang semua dikerjakan oleh satu orang.

“Dan masyarakat hanya mementingkan sensasionalnya. Inilah yang pada akhirnya membuat gaduh. Secara pribadi, mereka yang tak memiliki self sencorship akan serta merta menyebarkan informasi. Ini yang gawat,” papar Chriswanto.

Ketum LDII Chriswanto Santoso memberikan pesan khusus kepada wartawan pada peringatan HPN 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News