Pesan Mahfud MD Buat Umat Islam yang Merayakan Iduladha

Pesan Mahfud MD Buat Umat Islam yang Merayakan Iduladha
Mahfud MD. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak muslimin merayakan Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah, Selasa (20/7) dengan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Mahfud mengingatkan jangan sampai ada kerumunan, karena berpotensi menularkan virus SARS-Cov-2.

"Salat dilaksanakan di rumah masing-masing sesuai dengan yang difatwakan oleh lembaga keagamaan," kata Mahfud dalam keterangan pers yang disiarkan Kemenko Polhukam di YouTube, Senin (19/7).

Selain itu, eks Ketua MK itu berharap, muslimin bisa menerapkan jaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker saat prosesi penyembelihan kurban Iduladha 1442 Hijriah.

"Saat penyembelihan kurban silakan lakukan ibadah kurban dengan sebaik-baiknya, tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, agar bisa jaga diri dan jaga orang lain," katanya.

Mahfud juga mengingatkan muslimin memakai momentum Iduladha mendoakan tenaga kesehatan yang gugur demi menanggulangi pandemi Covid-19.

"Mari doakan agar mereka dapat surga, ya. Bagi mereka yang jalankan ibadah haji, mari doakan," beber Mahfud.

MUI diketahui sudah mengeluarkan fatwa Nomor 36 Tahun 2020 tentang salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban saat wabah COVID-19.

Mahfud MD menitip sejumlah pesan buat umat Islam yang akan merayakan Iduladha, Selasa besok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News