Pesan Pak Anies Baswedan kepada Para Pendidik di Tengah Wabah Virus Corona

Pesan Pak Anies Baswedan kepada Para Pendidik di Tengah Wabah Virus Corona
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta seluruh pendidik membaca tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara dalam rangka perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di tengah wabah virus corona.

"Apalah arti sebuah peringatan kelahiran kalau kita tidak membaca (hasil pemikirannya). Karena itu saya minta kepada seluruh kepala dinas, Ibu Kadis Pendidikan, wajib semuanya membaca untuk mengetahui apa yang seharusnya ada di pendidikan kita," kata Anies menyampaikan arahannya dalam Upacara Digital Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan di DKI Jakarta, Senin (5/4).

Menurut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu, tulisan dan buah pikir Ki Hajar Dewantara sangat berkaitan erat dengan sistem pengajaran yang saat ini dilakukan di negara-negara maju termasuk juga beberapa sekolah di Jakarta.

Anies berharap usai membaca tulisan Ki Hajar Dewantara, para pengajar dapat mempraktikan teknik-teknik pengajaran yang sesuai bagi peserta didik di tengah pandemi COVID-19 yang menyebabkan keterbatasan jarak.

"Diksi yang digunakan adalah diksi lama, tapi pemikiran yang terpancar adalah pemikiran yang baru yang masih relevan hari ini. Mari kita lakukan itu untuk memastikan semua berjalan dengan baik," ujar Anies.

Ia pun meminta tenaga pengajar di Jakarta tidak malu untuk belajar dari sistem pendidikan negara-negara lainnya yang sudah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh akibat COVID-19.

"Saya mengajak kepada semuanya, jangan mencoba selesaikan masalah sendirian. Lihatlah praktik-praktik terbaik dari seluruh dunia, ambil pengalaman mereka gunakan di Jakarta," ujar Anies.

Hal itu dilakukan agar tenaga pengajar dapat menemukan solusi yang lebih cepat dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian sehingga pengajaran jarak jauh lebih efektif.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pesan kepada para pendidik di tengah wabah virus corona

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News