Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Yogyakarta

Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Yogyakarta
Atraksi Jupiter Aerobatik Team menggunakan pesawat KT 1 Wong Bee saat peringatan HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (5/10/2019). ANTARA/Bayu Prasetyo/pri

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah pesawat latih jenis KT-1B Wong Bee milik TNI AU jatuh di ujung barat landasan pacu Pangkalan Udara Adisutjitpo, Yogyakarta, Senin (7/12).

Dua penerbang yang ada di dalam pesawat tersebut selamat dari kecelakaan udara saat misi latihan rutin menggunakan pesawat bernomor registrasi LL-0111 itu.

Keduanya adalah Mayor Penerbang Sekti Ambarwati sebagai instruktur dan Letnan Dua Administrasi Krisna Nugraha sebagai siswa penerbang.

"Kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu 09 Pangkalan Udara TNI AU Adisutjitpo," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Kolonel Penerbang Indan G Buldansyah dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurutnya, pilot dan siswa berhasil keluar alias eject dengan selamat dari pesawat terbang bermesin piston turboprop buatan Korea Selatan itu.

"Demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material dan personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Pangkalan Udara TNI AU Adisutjitpo," jelas Kolonel Penerbang Indan.

Setelah insiden tersebut, dokter RS Pusat TNI AU Hardjolukito, Pangkalan Udara TNI AU Adisutjitpo, memeriksa kondisi kesehatan kedua penerbang TNI AU tersebut.

"Penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim penyelidik TNI AU," katanya.

Pesawat KT-1B Wong Bee bernomor registrasi LL-0111 itu sedang dalam misi latihan saat mengalami kecelakaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News