Pesawat Lion Air yang Tergelincir di Lampung Berhasil Dievakuasi

Pesawat Lion Air yang Tergelincir di Lampung Berhasil Dievakuasi
Ilustrasi - Pesawat Lion Air. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Proses evakuasi terhadap pesawat Lion Air jenis Boeing 737-900ER nomor penerbangan JT-173 yang tergelincir di Bandara Radin Inten II, Tanjung Karang, Lampung pada Senin (21/12), berjalan lancar.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan proses pemindahan posisi pesawat udara berlangsung dari Pukul 10.30 hingga 10.40 WIB.

"Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGP sudah berada di pelataran parkir (apron) di Bandar Udara Radin Inten II," kata Danang, Senin.

Menurut Danang, proses evakuasi dijalankan berdasarkan perencanaan terstruktur, koordinasi dan kerja sama bersama tim internal Lion Air, pengelola bandar udara setempat, regulator dan instansi lainnya yang terkait.
 
"Lion Air mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan baik dalam proses pemindahan pesawat tersebut," ucap Dagang.

Lion Air berkoordinasi dan menyerahkan proses investigasi atas insiden penerbangan JT-173 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan, serta berbagai pihak terkait.

"Untuk nanti dapat diberikan rekomendasi kepada Lion Air," harapnya.
 
Selain itu, Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul atas insiden itu agar operasional dan layanan penerbangan lainnya tidak terganggu.

Sebelumnya, pesawat Lion Air JT-173 tergelincir atau keluar landasan pacu usai mendarat di Bandar Udara Radin Inten II, Tanjung Karang, Lampung (TKG), Minggu (20/12).

Pesawat jenis Boeing 737-900ER itu awalnya lepas landas dari Bandara Internasional Hang Nadim pukul 13.33 WIB dan mendarat di Bandara Radin Inten II pukul 14.45 WIB.

Manajemen Lion Air menyerahkan proses investigasi atas insiden itu kepada KNKT dan DKPPU Kemenhub.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News