Pesawat Militer Temukan Obyek dekat Daratan

Pesawat Militer Temukan Obyek dekat Daratan
Pesawat Militer Temukan Obyek dekat Daratan

jpnn.com - UPAYA pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudra Hindia makin menunjukkan hal positif. Pesawat militer Selandia Baru menemukan sebuah objek yang diduga puing MH370 dan jaraknya lebih dekat dari daratan.

Penemuan itu berdampak besar terhadap arah pencarian. Mulai kemarin, sasaran pencarian objek beralih sekitar 1.100 kilometer ke arah timur laut dari area pencarian sebelumnya.
 
"Pesawat militer Selandia Baru menemukan benda di sana," tulis otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) dalam akun Twitter resmi kemarin. Penemuan itu langsung dikonfirmasi ke sebuah kapal yang langsung meluncur ke lokasi. Hari ini otoritas akan menentukan apakah benda tersebut terkait dengan MH370 atau tidak.
 
Bagi negara-negara yang terlibat pencarian, penemuan baru tersebut sangat positif. Sebab, lokasi penemuan itu jauh lebih dekat dari daratan jika dibandingkan dengan penemuan satelit dari berbagai negara sebelumnya sehingga waktu pencarian bisa lebih lama. Selain itu, cuaca di area lokasi baru lebih bersahabat.
 
Penemuan baru oleh Selandia Baru itu juga membuka dugaan bahwa MH370 terbang dengan kecepatan lebih tinggi dari perkiraan semula. "Artinya, bahan bakar lebih cepat habis dan tidak bisa terbang sejauh itu," kata Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein dalam jumpa pers di Kuala Lumpur kemarin.
 
Menurut dia, informasi tersebut sudah disampaikan ke Australia agar selanjutnya wilayah pencarian puing pesawat dipersempit. Australia, lanjut dia, telah mengubah area pencarian sekitar 1.100 kilometer ke arah barat daya.
 
Namun, wilayah pencarian baru itu masih konsisten dengan keberadaan objek-objek yang tertangkap satelit dalam beberapa hari terakhir. Meski area pencarian sudah lebih fokus dari sebelumnya, Hishammuddin menekankan bahwa kondisi lokasi pencarian tetap sulit.
 
"Operasi pencarian harus dijalankan berdasar informasi terkini. Dalam pencarian MH370, kami selalu mengikuti setiap bukti dan bertindak berdasar petunjuk yang kredibel," tegasnya. (AP/AFP/BBC/c5/kim)


UPAYA pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudra Hindia makin menunjukkan hal positif. Pesawat militer Selandia Baru menemukan sebuah objek


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News