Pesawat Tur Antariksa Uji Terbang di Gurun Mojave

Pesawat Tur Antariksa Uji Terbang di Gurun Mojave
Foto : AP
MOJAVE - Perjalanan luar angkasa sebentar lagi bukan pengalaman yang hanya bisa didapatkan para astronot melainkan warga sipil. Melalui pesawat berukuran mini SpaceShipTwo (SS2), penumpang bakal dapat menikmati perjalanan di luar angkasa. Penyempurnaan pesawat tersebut diperkirakan selesai dua atau tiga tahun mendatang.

    

"Ini akan menjadi awal perjalanan komersial luar angkasa. Anda akan menjadi astronot." tutur Sir Richard Branson, biliuner dan pendiri Virgin pada peluncuran contoh pesawat di hangar Mojave Desert, California seperti dilansir Daily Mail, Selasa (8/12).  

    

Pesawat yang memiliki dua pesawat induk itu mulai kemarin menjalani program tes penerbangan selama 10 bulan. Selanjutnya pesawat produksi Virgin Galactic tersebut akan menjalani tes panjang sebelum dibuatkan jadwal penerbangan pada 2011 atau 2012.

    

Perjalanan luar angkasa ini menawarkan pengalaman nol gravitasi dan pemandangan Bumi dengan latar belakang luar angkasa. Estimasi waktunya hanya akan memakan waktu 2,5 jam. Sedangkan pengalaman nol gravitasi hanya akan dapat dirasakan selama 5 menit. Untuk penerbangan ekslusif ini 300 peminat telah mendaftar dan memberikan deposit USD 200.000 (Rp 1,9 miliar). Jumlah tersebut untuk biaya mengendarai, termasuk tiga hari pelatihan menerbangkannya.

    

MOJAVE - Perjalanan luar angkasa sebentar lagi bukan pengalaman yang hanya bisa didapatkan para astronot melainkan warga sipil. Melalui pesawat berukuran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News